Jumat, 08 November 2013

DAMPAK PENJUALAN MOBIL MURAH



Kata Pengantar


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillahirabbilalamin, banyak nikmat yang Allah berikan, tetapi sedikit sekali yang kita ingat. Segala puji hanya layak untuk Allah Tuhan seru sekalian alam atas segala berkat, rahmat, taufik, serta hidayah-Nya yang tiada terkira besarnya, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah dengan judul ” DAMPAK PENJUALAN MOBIL MURAH”.

Dalam penyusunannya, penulis memperoleh banyak bantuan dari berbagai pihak, karena itu penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak-pihak yang telah memberikan dukungan, kasih, dan kepercayaan yang begitu besar. Dari sanalah semua kesuksesan ini berawal, semoga semua ini bisa memberikan sedikit kebahagiaan dan menuntun pada langkah yang lebih baik lagi.


Meskipun penulis berharap isi dari makalah ini bebas dari kekurangan dan kesalahan, namun selalu ada yang kurang. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun agar skripsi ini dapat lebih baik lagi.

Akhir kata penulis berharap agar makalah ini bermanfaat bagi semua pembaca.



Depok, Oktober 2013





Penyusun





DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR …………………………………………………………….…..…..   1
DAFTAR ISI …………………………………………………….…………………….   2
BAB I PENDAHULUAN
1.      Latar belakang…………………………………………… .……………………... 3
2.      Tujuan Penulisan………………………………………………………………....... 3

BAB II PEMBAHASAN
a.      Dampak Positif dan Negatif Penjualan mobil murah……….…………............................ 4
b.      Dampak-Dampak Mobil Murah………………………………………….…………….... 5
c.       Dampak penjualan mobil murah terhadap perkonomian Negara………….…….………. 6
BAB III PENUTUP     
            Kesimpulan……………………………………………………………………. 6

DAFTAR PUSTAKA ………………………………………………..…....………….  5










BAB 1

Latar Belakang
Pada zaman modern seperti sekarang ini, sarana transportasi telah menjadi bagian yang sangat penting dari kehidupan manusia. Hal ini dikarenakan transportasi merupakan sarana utama bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari untuk bergerak dan berpindah dari suatu tempat ke tempat lainnya dengan cepat. Namun sejalan dengan perkembangannya, otomotif tidak lagi sekedar sebagai sarana untuk mengantarkan penumpang dari satu tempat ke tempat yang lainnya dan mengangkut barang–barang dalam aktivitas kerja sehari–hari, tetapi juga sebagai\ simbol status sosial bagi pemiliknya. Saat ini pemerintah sedang merampungkan regulasi program mobil murah (lowcost car) dan ramah lingkungan (green car) yang sedang menjadi tren dunia akhir – akhir ini, dan pemerintah juga akan memberikan regulasi yang lebih mendukung dalam industri otomotif, salah satunya adalah dengan mengurangi biaya pajak penghasilan melalui Peraturan Menteri Keuangan (PMK) sebagai revisi dari Peraturan Pemerintah No 62 tahun 2008 tentang insentif fasilitas pajak penghasilan  untuk penanaman modal di bidang tertentu dan atau di daerah tertentu, selainmerevisi PP No 62 tahun 2008, terkait program ini, pemerintah juga mempersiapkan peraturan tambahan tentang penyerapan komponen lokal Indonesia. Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) mobil diusulkan menyerap 90% suku cadang 2 lokal dari posisi sekarang yang maksimal 60 – 70%, dimana Suzuki merupakan satu dari tiga produsen mobil yang menyatakan ketertarikannya membuat mobil murah nasional di Indonesia dan akan mempersiapkan produk – produk yang kompetitif, karena Yosuki Tarada selaku Presiden Direktur Suzuki Indonesia menilai peluang menggarap pasar mobil murah sangat besar, dimana pasar ini mengincar para mahasiswa dan pemula yang sebelumnya menggunakan sepeda motor (VIVAnews).
Di Indonesia industri otomotif sedang berkembang pesat, berdasarkan data yang diperoleh dari Kompas.com dari anggota GAIKINDO diketahui bahwa pertumbuhan penjualan ritel mobil di Indonesia dalam 5 bulan pertama pada tahun 2011 menunjukan peningkatan sebesar 22,2%Tujuan Penulisan
1.      Untuk mengetahui dampak-dampak dari penjualan mobil murah
2.      Untuk mengetahui sebab akibat dari penjualan mobil murah
3.      Untuk mengetahui berapa besar pengaruh penjualan mobil murah terhadap perekonomian Indonesia

Tujuan Penuliasan
1.      Untuk mengetahui dampak-dampak dari penjualan mobil murah
2.      Untuk mengetahui sebab akibat dari penjualan mobil murah
3.      Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penjualan mobil murah tehadap perekonomian Indonesia.








BAB 2
Dampak Positif dan Negatif Penjualan mobil murah
 Dampak Positif
1. Terjangkau

Mobil dengan harga murah dan terjangkau tentu saja jadi buruan para masyarakat menengah kebawah. Karena bagi sebagian masyarakat menengah kebawah, untuk bisa membeli sebuah mobil mungkin adalah sebuah mimpi yang sangat sulit untuk dicapai. Tapi dengan hadirnya mobil murah ini, tentu menjadi angin segar bagi mereka karena akhirnya mereka berkesempatan untuk memiliki sebuah mobil.

2. Penghasilan Pajak Negara dan Otomotif Meningkat

Salah satu dampak positif dengan hadirnya mobil murah ini yaitu dapat meningkatkan penghasilan pajak negara dan otomotif karena masyarakat dengan golongan ekonomi menengah akan menggunakan mobil murah sebagai alat transportasi pribadi mereka.

3. Mecegah Mobil Murah Import

Thailand adalah salah satu negara yang sudah terlebih dahulu memproduksi mobil murah. Sehingga dengan adanya mobil murah yang diproduksi dari dalam negeri dapat mencegah masuknya mobil-mobil murah dari negara lain.

Dampak Negatif

1. Macet

Dampak negatif yang sudah sangat jelas adalah kemacetan yang pastinya akan bertambah. Bagaimana tidak, coba bayangkan jika sebagian besar masyarakat Jakarta membeli mobil murah tersebut dan menjadikan mobil itu sebagai alat transportasi sehari-hari. Jalan-jalan di Jakarta yang sudah sangat padat ini pasti akan menjadi lebih padat.






2. Penggunaan BBM yang Meningkat

Kebijakan mobil murah ini juga akan berdampak pada pemakaian bbm atau bahan bakar minyak. Dapat diperkirakan bahwa tingkat kelangkaan bahan bakar minyak akan lebih meningkat lagi.


3. Peminat Angkutan Umum Berkurang


Rantai permasalahan tentang kebijakan mobil murah ini ternyata tidak berhenti pada masalah kemacetan atau bbm saja, peminat angkutan umum pasti akan semakin berkurang karena masyarakat cenderung memilih untuk membawa alat transportasi sendiri. Hal ini akan berdampak pada meningkatnya tingkat pengangguran karena angkutan umum akan sulit untuk mendapat penumpang.

Dampak-Dampak Mobil Murah
Dampak Budaya
Dalam penjualan mobil murah ini sangat berdampak pada buya dimana orang-orang lebih sering menggunakan mobil untuk beraktifitas. Sehinggga budaya yang di coba atau di usulkan beberapa orang yang ingin menyatakan atau mendorong oleh masyarakat dunia yaitu go green menjadi hanya isapan jempol belakang saja. Dalam konteknya penjualan mobil murah ini akan membangun beberapa budaya baru yaitu budaya individual, budaya malas, dan budaya boros dll.
            Dengan adanya mobil murah ini juga sedikit mengurangi rasa kecintaan terahadap Negara karena prodak yang ditawarkan merupakan prodak import s sehingga masyrakat akan cenderung lebih memilih percaya pada produk luar negeri dan prodak local akan kesulitan dalam melakukan penjualan produknya.
Dampak social
            Penjualan mobil murah ini sangat mempengaruhi aikap social seseorang karena apa bila seseorang sudah menggunakan mobil yang konteknya milik pribadi otomatis ada sisi social yang hilang, berbeda dengan orang yang menggunakan mobil angkutan umum dimana disitu ada kesamaan sehingga seseorang bisa bersosialisasi walaupun orang tersebut tidak mengenal sebelumnya.
Dampak Pribadi
            Dalam Penggunaaan mobil murah ini juga akan setidaknya mengubah pribadi yang memang disebabkan oleh dampak kemacetan itu sendiri. Dengan adanya mobil murah ini tentu dampak volume mobil di jalan akan meningkat dan kemacetan tidak akan terbendung lagi. Sehingga orang akan menghabiskan berjam-jam waktunya didalam mobil . dan dampak pribadi seseorang akan mudah meningkat emosionalnya yang disebabkan kerena kondisi dan tempat atau ruangan yang kurang yang ada didalam mobil dan juga kejenuhan seseorang ketikan dalam kendaraan saat macet.
            Didalam dalmpak pribadi yang buruk terdapat dampak pribadi yang baik juga, dengan adanya mobil murah ini seseorang atau keluarga dapat sedikit meluangakan waktunya bersama ketika jalan-jalan atau rekreasi karena memang didisaen mobil untuk keperluan keluarga.
Dampak psikologis
            Dampak psikolog seseorang sendiri sangat berpengaruh besar besar terahadppara pengguna mobil murah ini. Seperti gampang naik emosinya, cenderung individualis, kurang sosialisasi. Secara perhitungan individu memang mobil murahcukup lebih irit. Tetapi secara perhitungan menyeluruh atau perhitungsn pemerintah itu hanyalah sebuah pemborosan. Sehingga disini terjadi adanya sikap psikologis masyarakat kita yang memang lebih manyenangi pemborosan dan sedikit kurang menyukai penguranganpemanasan global yang memang itu adalah program darimasyrakat luas atau masyarakat dunia.
Dampak penjualan mobil murah terhadap perkonomian Negara
            Dampak positifnya yang mungkin disebutkan adalah penghasilan pajak Negara dari otomotif akan bertambah, serta masyarakat golongan ekonomi menengah akan merasakan punya mobil baru dengan harga terjangkau. Dampak negatifnya yaitu akan sulitnya peningkatan sector industry di Indonesia untuk berkembang sehingga kemajuaan perekonomian di industry otomotif local akan merosot tajam.
BAB 3
Kesimpulan
Terlalu banyak dampak yang negative terhadap penjualan mobil murah ini terhadap Negara kita sehingga harus adanya repisi atau kajian lagi terhadap penjualan mobil murah ini dengan segera agar tidak berdampak panjang terhadap beberapa sector lainnya. Walaupun sulit untuk dicegah dalam peredarannpenjualannya tetapi secara pribadi kita bisa memilih apakah kita membutuhkan mobil apakah tidak membutuhkan mobil ini. Ini tergantung pada kita sendiri.
  BY Gema Reda Ramadhan


Daftar Pustaka

3 komentar: