Rabu, 09 Oktober 2013

SEGMENTASI PASAR AQUA


Kata Pengantar


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillahirabbilalamin, banyak nikmat yang Allah berikan, tetapi sedikit sekali yang kita ingat. Segala puji hanya layak untuk Allah Tuhan seru sekalian alam atas segala berkat, rahmat, taufik, serta hidayah-Nya yang tiada terkira besarnya, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah dengan judul ” SEGMENTASI PASAR AQUA”.

Dalam penyusunannya, penulis memperoleh banyak bantuan dari berbagai pihak, karena itu penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak-pihak yang telah memberikan dukungan, kasih, dan kepercayaan yang begitu besar. Dari sanalah semua kesuksesan ini berawal, semoga semua ini bisa memberikan sedikit kebahagiaan dan menuntun pada langkah yang lebih baik lagi.


Meskipun penulis berharap isi dari makalah ini bebas dari kekurangan dan kesalahan, namun selalu ada yang kurang. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun agar skripsi ini dapat lebih baik lagi.

Akhir kata penulis berharap agar makalah ini bermanfaat bagi semua pembaca.



Depok, Oktober 2013





Penyusun





DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ……………………………………………………………..…..   i
DAFTAR ISI …………………………………………………….…………………….   ii
BAB I PENDAHULUAN
1.      Latar belakang…………………………………………………………………... 1
2.      Tujuan Penulisan………………………………………………………………... 1

BAB II PEMBAHASAN
a.       Pengertian segmentasi pasar……………………………..................................... 2
b.      Pembagian segmen pasar ……………………………………….…………….... 2 
c.        Segmentasi pasar yang digunakan AQUA…………………….………………. 2
d.      Target Pasar  AQUA………………………………………………………………………3
e.       Rekomendasi……………………………………………………………………. 4
f.       Persaingan……………………………………………………………………… .4
BAB III PENUTUP     
            Kesimpulan……………………………………………………………………. 4

DAFTAR PUSTAKA ………………………………………………..…....………….  5





SEGMENTASI PASAR AQUA

Pendahuluan
a.      Latar belakang

AQUA adalah sebuah merek air minum dalam kemasan (AMDK) yang diproduksi oleh PT. Aqua Golden Mississippi di Indonesia sejak tahun 1973. Selain di Indonesia, Aqua juga dijual di Singapura. AQUA adalah merek AMDK dengan penjualan terbesar di Indonesia dan merupakan salah satu merek AMDK yang paling terkenal di Indonesia, sehingga telah menjadi seperti merek generik untuk AMDK. Di Indonesia, terdapat 14 pabrik yang memroduksi AQUA. Sejak tahun 1998, AQUA sudah dimiliki pula oleh perusahaan multinasional dari Perancis, Danone, hasil dari penggabungan Aqua Golden Mississippi dengan Danone.
Sebagai pelopor produk air minum dalam kemasan di Indonesia, AQUA merupakan Market Leader. Data-data yang menyangkut AQUA sebagai Market Leader dapat dilihat diberbagai lembaga survey dan penghargaan sebagai bahan acuan.  Hal hal yang terkait menyangkut teknologi pemrosesan, kualitas, sistem promosi dan pemasaran AQUA menjadi sebuah kesan yang begitu melekat baik di masyarakat.  Misalnya, jika seseorang menyebutkan atau membeli sebuah produk air minum dalam kemasan akan memiliki kecenderungan untuk menyebut “AQUA” meskipun produk air minum dalam kemasan tersebut merupakan produk lain.

b.      Tujuan Penulisan

1.      Untuk mengetahui tentang segmentasi pasar yg di pakai aqua
2.      Untuk mengetahui strategi pemasaran aqua
3.      Untuk memenuhi tugas mata kuliah prilaku konsumen


Pembahasan

g.      Pengertian segmentasi pasar

Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda. Segmentasi pasar juga dapat diartikan sebagai proses pengidentifikasian dan menganalisis para pembeli di pasar produk, menganalisis perbedaan antara pembeli di pasar.
h.       Pembagian segmen pasar

1. Segmentasi pasar konsumen

Yaitu membentuk segmen pasar dengan menggunakan ciri-ciri konsumen (consumer characteristic), kemudian perusahaan akan menelaah apakah segmen-segmen konsumen ini menunjukkan kebutuhan atau tanggapan produk yang berbeda.

2. Segmentasi pasar bisnis

Yaitu membentuk segmen pasar dengan memperhatikan tanggapan konsumen (consumer responses) terhadap manfaat yang dicari, waktu penggunaan, daan merek.

3. Segmentasi pasar yang efektif (Fandy Ciptono, 2001)

* Dapat diukur (measurable), ukuran, daya beli, profil segmen;
* Besar segmen (subtantial): cukup besar dan menguntungkan untuk dilayani;
* Dapat dijangkau (accessible): dapat dijangkau dan dilayani secara efektif;
* Dapat dibedakan (differentiable): secara konseptual dapat dipisahkan dan memberi tanggapan yang berbeda terhadap elemen dan program bauran;
* Dapat diambil tindakan (actionable): program yang efektif dapat dirumuskan untuk menarik dan melayani segmen tersebut.

i.        Segmentasi pasar yang digunakan Aqua

Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi-bagi pasar yang bersifat heterogen ke dalam satuan-satuan pasar yang bersifat homogen atau proses membagi pasar ke dalam segmen-segmen pelanggan potensial dengan kesamaan karakteristik yang menunjukkan adanya kesamaan perilaku pembeli. Variabel utama segmentasi adalah: Segmentasi Geografis, Segmentasi Demografis, dan Segmentasi Psikografis

1.      Segmentasi Geografis

Dalam hai ini produk AQUA ditujukan untuk semua wilayah yang ada di Indonesia. Kita dapat menjumpai produk AQUA tidak hanya di perkotaan tetapi juga di pinggiran kota bahkan produknya sudah sampai di  pedasaan. Produk AQUA ini dapat dinikmati tidak hanya pada saat musim kemarau namun juga pada saat musim penghujan. Jadi produk AQUA ini selalu ada pada setiap musim.



2.      Segmentasi Demografis

Bentuk-bentuk segmentasi pada segmentasi demografis dapat berupa umur, jenis kelamin, keluarga, pekerjaan, dan pendapatan. Produk AQUA dapat ditujukan untuk semua kalangan, jenis kelamin, dan usia. Baik wanita maupun pria dapat mengkonsumsi produk AQUA. Setiap kalangan usia juga dapat mengkonsumsi AQUA, kecuali kalangan usia bayi. Produk AQUA memiliki harga yang terjangkau sehingga setiap kelurga dapat mengkonsumsinya, baik yang berpenghasilan menengah kebawah atau menengah keatas. Produk AQUA ini diproduksi untuk mencakup semua kalangan dan dapat dikonsumsi oleh siapa saja.

3.      Segmentasi Psikografis

Segmen AQUA ditujukan untuk kalangan kelas sosial menengah. Tetapi tidak menutup kemungkinan bagi kalangan kelas sosial bawah  untuk mengkonsumsinya, karena ada beberapa harga kemasan yang masih bisa dijangkau dengan harga pasaran Rp. 500,00, Rp 3.000,00, Rp 5.000,00 dan Rp. 12.000,00. AQUA juga dapat diperuntukkan bagi orang-orang yang menginginkan gaya hidup yang praktis dan sehat dengan mengkonsumsi air mineral yang mudah didapatkan dan dibawa. Produk AQUA juga cocok dengan orang-orang yang aktif dan memiliki mobilitas yang tinggi.

j.        Target Pasar  AQUA
Target pasar ditujukan untuk mengevaluasi dan membandingkan kelompok yang diidentifikasikan dan kemudian memilih satu atau beberapa diantaranya sebagai calon dengan potensi yang paling besar. Bauran pemasaran kemudian dirancang yang akan memberikan hasil terbaik dalam penjualan, selain itu menciptakan nilai maksimum bagi konsumen.
Target pasar pada produk AQUA dapat kita lihat berdasarkan iklan dari produk tersebut. Dapat kita lihat bahwa target pasarnya cenderung kepada masyarakat metropolitan yang aktif dan dinamis. Hal ini dapat terlihat dari visual iklannya yang mayoritas menampilkan pergerakan waktu, tempat, dan orang-orang dari berbagai aktifitas secara cepat. Jika dilihat lebih jauh lagi, berdasarkan jenis kelamin dan umur, target audience dari iklan ini adalah pria dan wanita dewasa serta keluarga. Dapat dilihat bahwa iklan AQUA banyak menonjolkan bahwa produk tersebut digunakan dirumah-rumah dan dikonsumsi oleh keluarga. Berdasarkan pendidikan dan pekerjaan, target audiensce-nya adalah orang-orang berpendidikan yang level pekerjaannya menengah ke atas. Begitu juga dari segi lifestyle, target audience-nya adalah masyarakat metropolitan yang aktif, dinamis, dan memiliki mobilitas yang tinggi dan membutuhkan kepraktisan dalam mengkonsumsi minuman yang baik dan sehat untuk tubuh.
k.      Rekomendasi
Pada segmen pasar AQUA, AQUA telah melakukan segmentasi pasar yang baik karena dapat mencakup semua kalangan baik dalam kategori jenis kelamin maupun usia. Tetapi dalam hal  target pasar, target pasar AQUA masih cenderung kepada kalangan menengah atas, seharusnya AQUA juga membuat iklan yang tidak hanya menggambarkan mengenai kehidupan metropolitan tetapi juga kehidupan kalangan menengah bawah agar target pasar AQUA tidah hanya pada kalangan menengah atas. Karena pada produknya pun AQUA memiliki harga yang dapat dijangkau oleh kalangan menengah bawah.
Untuk memperluas target dan segmen pasar, AQUA dapat memproduksi produk yang tidak hanya berupa air mineral biasa tetapi bisa melakukan inovasi terhadap produknya. Dengan produk minuman yang lebih bervariasi maka AQUA dapat memperluas segmen dan target pasarnya.
Agar produk AQUA lebih dikenal dan lebih banyak digunakan oleh masyarakat yang bukan berada di daerah perkotaan, maka AQUA dapat mengadakan sebuah kegiatan yang dimana pada kegiatan tersebut, masyarakat dapat melakukan interaksi langsung. Dengan begitu maka kalangan masyarakat yang ingin dijadikan target pasar akan memilih dan menggunakan produk AQUA. Dengan kegiatan-kegiatan tersebut maka AQUA dapat semakin memperkenalkan produknya kepada masyarakat yang berada di pedesaan atau daerah pinggiran dan masyarakat kalangan menengah kebawah.
l.        Persaingan
AQUA adalah pemimpin pasar yang tidak dipertanyakan dalam industri air dalam botol. Sistem penyaluran, strategi pemasaran, dan kemasan yang istimewa menciptakan keunggulan bersaing.Memungkinkan harga premium sekitar 10% sampai 25% diatas harga-harga yang dipatok merek-merek pesaing. AQUA bersaing disegala segmen pasar, memproduksi Vit dibawah lisensi dari Vittel Perancis dan pemegang merekuntuk beberapa rantai supermarket Indonesia. Franchise Mc. Donalds di Jakarta menjual AQUA yang menampakkan busur emas Mc. Donalds bersama logo AQUA . Selama lima tahun terakhir sukses AQUA telah menarik persaingan dari sekitar 50 perusahaan air dalam botol di Indonesia, yang menjual lebih dari 70 merek dagang. Sementara sebagian besar adalah pabrik regional kecil, beberapa pesaing memiliki pangsa pasar mendasar sejalan dengan sumber-sumber keuangan, memasarkan pengetahuan, dan sistem-sistem distribusi yang dapat menjadi ancaman serius akankah AQUA goyah.

Peraga 5 merupakan daftar pesaing utama AQUA. Ades, Oasis, Air Sosro secara agrsif menantang tampuk pimpinan AQUA dalam pasar air dispenser yang sangat menguntungkan di Jakarta. Prusahaan keluarga Air Sosro mengendalikan pasar teh dalam botol di Indonesia denga menjual satu juta botol perhari dengan bendera merek Teh Botol Sosro. Air sosro menhargai airnya sekitar 20% dibawah AQUA, Bonaqua, satu produk Coca Cola dihargai sama dengan AQUA, adalah nama dagang internasional dengan sistem distribusi yang kuat di Indonesia. ABC Pure diproduksi oleh PT ABC Central Food, distributor besar konsentrat minuman lunak tradisional di Indonesia.
Keberhasilan merek dagang AQUA telah menarik paling tidak 10 peniru untuk menggunakan kata “aqua”. Tirto secara aktif mempertahankan merek dagangnya, memenangkan pertarungan hukum melawan perusahaan yang menggunakan nama Club AQUA dan Aquaria. Dalam keputusannya pada bulan Mei 1992, Kejaksaan Agung di Indonesia memaklumkan bahwa kata “aqua”, bilamana digunakan pada air dalam botol bukan nama latin yang umum, namun merek dagang yang dilindungi.Pengacara AQUAmembantah bahwa kata itu telah didaftarkan sebagai merek dagang sejak 1973, diperbaharui di tahun 1986, bahwa AQUA telah membelanjakan jutaan dolar mengiklankan merekdagang tersebut, dan akibat dari pengiklanan ini, dibenak pelanggan Indonesia kata AQUA sambung dengan air dalam botol yang diproduksi PT. AQUA Golden Mississippi. Oleh sebab itu perusahaan air dalam botol yang lain tidak dapat menggunakan kata “aqua” pada namanya atau logo kecuali dibawah perjanjian lisensi. Pengadilan telah menyetujui.

Penutup
Kesimpulan
            Dengan perkembangan zaman yang semakin maju tentu pemilihan segmentasi pasar sangat berperan sekali dalam proses penjualan produk. Sesuatu hal yang dilakukan AQUA adalah bentuk segmentasi pasar yang cukup efektif karena AQUA sendiri sudah menjadi Market Leader dalam pemasaran produk air mineral kemasan di Indonesia. Dari segi pemasaran sendiri AQUA menggunakan konsep yang ramah lingkungan sehingga memberikan kesan yang positif bagi para konsumennya.



Daftar Pustaka





Tidak ada komentar:

Posting Komentar