Konsep Manajemen Pemasaran
Manajemen pemasaran
Manajemen pemasaran adalah bidang
manajemen yang melakukan kegiatan analisis, perencanaan, pelaksanaan dan
pengendalian atas program yang dirancang untuk menciptakan, membentuk dan
mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dgn menguntungkan pembeli sebagai
sasaranuntuk mencapai tujuan perusahaan.
Konsep
manajemen pemasaran ada dua yakni :
1.
Konsep manajemen pemasaran (the marketing concept). Merupakan orientasi
bahwa tugas pokok perusahaan adalah menentukan kebutuhan,keinginandan penilaian
pasar yang menjadi sasaran kemudian menyesuaikan sedemikian rupa
kegiatan perusahaan agar dapat menyampaikan kepuasan yang diinginkan pasar
secara lebih berdaya gunaserta berhasil guna dibandingkan pesaingnya. Dalam
konsep pemasaran,volume penjualan yang menguntungkan memang menjadi tujuannya.
Akan tetapi laba yang diperoleh dari volume penjualan itu harus didapat
dengan mendapat juga kepuasan dari konsumen.
2.
Konsep penjualan ( the selling concept)Mementingkan saja volume
penjualan dan keuntungan tanpa pernah berpikir tentang kepuasan dari para
konsumennya.
Berikut Ruang
Lingkup Kegiatan Manajemen Pemasaran Meliputi :
1) Pembelian (buying).
2) Pemilihan (grading).
3) Pengangkutan (transportation).
4) Pembungkusan (packing)
5) Penggudangan (storage)
6) Pembelanjaan ( financing).
7) Periklanan (advertising).
8) Penjualan (Selling).
PENGERTIAN MANAJEMEN PEMASARAN
A. Pengertian Pemasaran
Ada beberapa definisi mengenai
pemasaran diantaranya adalah :
a.
Philip Kotler (Marketing) pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan
untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.
b.
Menurut Philip Kotler dan Amstrong pemasaran adalah sebagai suatu proses sosial
danmanagerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka
butuhkandan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan
nilai dengan orang lain.
c.
Pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan,
menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang- barang yang dapat
memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan.
d.
Menurut W Stanton pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha
yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan
mendistribusikanbarang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun
pembeli potensial.
B. Konsep Pemasaran
Konsep-konsep inti pemasaran
meluputi: kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi,utilitas, nilai dan
kepuasan; pertukaran, transaksi dan hubungan pasar, pemasaran dan
pasar. Kita dapat membedakan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan.
Kebutuhan adalah suatukeadaan dirasakannya ketiadaan kepuasan dasar tertentu.
Keinginan adalah kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik terhadap
kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendalam.Sedangkan Permintaan adalah keinginan
akan produk yang spesifik yang didukung dengankemampuan dan kesediaan untuk
membelinya.
C. Manajemen Pemasaran
Manajemen pemasaran berasal dari dua
kata yaitu manajemen dan pemasaran. Menurut Kotler dan Armstrong
pemasaran adalah analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian
dari program-program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, danmemelihara
pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran untuk mencapai
tujuan perusahaan. Sedangakan manajemen adalah proses perencanaan
(Planning), pengorganisasian (organizing) penggerakan (Actuating) dan
pengawasan.
Jadi dapat diartikan bahwa Manajemen
Pemasaran adalah sebagai analisis, perencanaan, penerapan, dan
pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan, membangun,
danmempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pasar sasaran dengan
maksud untuk mencapai tujuan - tujuan organisasi.
1. Konsep
Pemasaran
Konsep pemasaran mengatakan bahwa
kunci untuk mencapai tujuan organisasi terdiridari penentuan kebutuhan dan
keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasaan yang diharapkan secara
lebih efektif dan efisien dibandingkan para pesaing.
Konsep pemasaran yang telah
diungkapkan dengan berbagai cara:
1. Temukan keinginan pasar dan
penuhilah.
2. Buatlah apa yang dapat dijual dan
jangan berusaha menjual apa yang dapat dibuat.
3. Cintailah pelanggan, bukan produk
anda.
4. Lakukanlah menurut cara anda
(Burger king)
5. Andalah yang menentukan (United
Airlines)
6.
Melakukan segalanya dalam batas kemampuan untuk menghargai uang pelanggan
yang sarat dengan nilai, mutu dan kepuasan (JC. Penney).
Dalam pemasaran terdapat enam konsep
yang merupakan dasar pelaksanaan kegiatan pemasaran suatu organisasi yaitu
: konsep produksi, konsep produk, konsep penjualan, konsep pemasaran,
konsep pemasaran sosial, dan konsep pemasaran global.
1.
Konsep produksi Konsep produksi berpendapat bahwa konsumen akan menyukai
produk yang tersediadimana-mana dan harganya murah. Konsep ini berorientasi
pada produksi denganmengerahkan segenap upaya untuk mencapai efesiensi produk
tinggi dan distribusi yang luas. Disini tugas manajemen adalah memproduksi
barang sebanyak mungkin, karenakonsumen dianggap akan menerima produk yang
tersedia secara luas dengan daya belimereka.
2.
Konsep produk Konsep produk mengatakan bahwa konsumen akan menyukai
produk yang menawarkanmutu, performansi dan ciri-ciri yang terbaik. Tugas
manajemen disini adalah membuat produk berkualitas, karena konsumen
dianggap menyukai produk berkualitas tinggi dalam penampilan dengan ciri ±
ciri terbaik
3.
Konsep penjualan Konsep penjualan berpendapat bahwa konsumen, dengan
dibiarkan begitu saja, organisasiharus melaksanakan upaya penjualan dan promosi
yang agresif.
4.
Konsep pemasaran Konsep pemasaran mengatakan bahwa kunsi untuk mencapai
tujuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar
sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan secara lebih efektif dan
efisien dibandingkan para pesaing.
5.
Konsep pemasaran sosial Konsep pemasaran sosial berpendapat bahwa
tugas organisasi adalah menentukankebutuhan, keinginan dan kepentingan pasar
sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan dengan cara yang lebih
efektif dan efisien daripasda para pesaing dengan tetapmelestarikan atau
meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat.
6.
Konsep Pemasaran Global Pada konsep pemasaran global ini, manajer
eksekutif berupaya memahami semua faktor- faktor lingkungan yang
mempengaruhi pemasaran melalui manajemen strategis yang mantap. tujuan
akhirnya adalah berupaya untuk memenuhi keinginan semua pihak yang terlibat
dalam perusahaan.
A. Pengertian Sistem Pemasaran
Sistem adalah sekolompok item atau
bagian-bagia yang saling berhubungan dan saling berkaitan secara tetap
dalam membentuk satu kesatuan terpadu. Jadi dapat diartikan
sistem pemasaran adalah kumpulan lembaga-lembaga yang melakukan tugas
pemasaran barang, jasa,ide, orang, dan faktor-faktor lingkungan yang saling
memberikan pengaruh dan membentuk serta mempengaruhi hubungan
perusahaan dengan pasarnya.
Dalam pemasaran kelompok item yang
saling berhubungan dan saling berkaitan itu mencakup :
1. Gabungan organisasi yang
melaksanakan kerja pemasaran.
2. Produk, jasa, gagasan atau
manusia yang dipasarkan.
3. Target pasar.
4. Perantara (pengecer,
grosir, agen transportasi, lembaga keuangan).
5. Kendala lingkungan (environmental
constraints).
Sistem pemasaran yang paling
sederhana terdiri dari dua unsur yang saling berkaitan, yaitu organisasi
pemasaran dan target pasarnmya. Unsur-unsur dalam sebuah sistem pemasaran
serupa dengan unsur-unsur yang ada pada sistem radio stereo. Bekerja
secaraterpisah, tetapi pada waktu dipertemukan secara tepat.
B. Macam - Macam Sistem Pemasaran
a. Sistem pemasaran dengan saluran
vertikal
Pada
sistem ini produsen, grosir, dan pengecer bertindak dalam satu keterpaduan.
Tujuan
:
§
Mengendalikan perilaku saluran
§
Mencegah perselisihan antara anggota saluran
b. Sistem pemasaran dengan saluran
horizontal
Pada sistem ini, ada suatu kerjasama
antara dua atau lebih perusahaan yang bergabung untuk memanfaatkan peluang
pemasaran yang muncul.
c. Sistem pemasaran dengan saluran
ganda
Pada sistem ini beberapa gaya
pengeceran dengan pengaturan fungsi distribusi dan manajemendigabungkan,
kemudian dari belakang dipimpin secara sentral.
C. Lingkungan Sebuah Sistem Pemasaran
a. Lingkungan makro ekstern.
Lingkungan
makro tersebut ialah :
a.
Demografi (kependudukan).
b.
Kondisi ekonomi.
c.
Teknologi.
d.
Kekuatan sosial dan budaya.
e.
Kekuatan politik dan legal.
f.
Persaingan.
b. Lingkungan mikro eksternal
a.
Pasar (market)
b.
Pemasok
c.
Pialang (marketing intermediaries)
c. Lingkungan Non - Pemasaran
Intern
Kekuatan non - pemasaran lainnya adalah lokasi perusahaan, ketangguhanbagian
penelitian dan pengembangan. Kekuatan intern bersifat menyatu (interest)
dalamorganisasi dan dikendalikan oleh manajemen.
A. Pengertian Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran adalah
pengambilan keputusan-keputusan tentang biaya pemasaran,bauran pemasaran,
alokasi pemasaran dalam hubungan dengan keadaan lingkungan yang diharapkan
dan kondisi persaingan. Dalam strategi pemasaran, ada tiga faktor utama yang menyebabkan
terjadinya perubahan strategi dalam pemasaran yaitu :
1.
Daur hidup produk Strategi harus disesuaikan dengan tahap-tahap daur
hidup, yaitu tahap perkenalan, tahap pertumbuhan, tahap kedewasaan dan
tahap kemunduran.
2.
Posisi persaingan perusahaan di pasar Strategi pemasaran harus disesuaikan
dengan posisi perusahaan dalam persaingan, apakahmemimpin, menantang, mengikuti
atau hanya mengambil sebagian kecil dari pasar.
3.
Situasi ekonomiStrategi pemasaran harus disesuaikan dengan situasi ekonomi dan
pandangan kedepan,apakah ekonomi berada dalam situasi makmur atau inflasi
tinggi.
B. Macam-Macam Strategi Pemasaran
Macam strategi pemasaran
diantaranya:
1. Strategi kebutuhan primer
Strategi-strategi
pemasaran untuk merancang kebutuah primer yaitu:
1. Menambah jumlah pemakai dan
2. Meningkatkan jumlah pembeli.
2. Strategi Kebutuhan Selektif
Yaitu dengan cara :
a. Mempertahankan pelanggan
misalnya:
1.
Memelihara kepuasan pelanggan;
2.
Menyederhanakan proses pembelian;
3.
Mengurangi daya tarik atau jelang untuk beralih merk;
b. Menjaring pelanggan (Acquistion
Strategier)
1.
Mengambil posisi berhadapan (head - to heas positioning)
2.
Mengambil posisi berbeda (differentiated positin)
Secara lebih jelas, strategi
pemasaran dapat dibagi kedalam empat jenis yaitu :
1. Merangsang kebutuhan primer
dengan menambah jumlah pemakai.
2. Merangsang kebutuhan primer
dengan memperbesar tingkat pembelian.
3. Merangsang kebutuhan selektif
dengan mempertahankan pelanggan yang ada.
4. Merangsang kebutuhan selektif
dengan menjaring pelanggan baru.
C. Segmentasi Pasar
Segmentasi
pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi
kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan,
karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk
atau bauran pemasaran yang berbeda. Atau segmentasi pasar bisa diartikan
segmentasi pasar adalah proses pengidentifikasian dan menganalisis
para pembeli di pasar produk, menganalisia perbedaan antara pembeli di
pasar.
1. Dasar-dasar dalam penetapan
Segmentasi Pasar
Dalam penetapan
segmentasi pasar ada beberapa hal yang menjadi dasarnya yaitu:
1. Dasar - dasar segmentasi pasar pada pasar konsumen
a.
Variabel geografi, diantaranya : wilayah, ukuran daerah, ukuran kota, dan
kepadatan iklim.
b.
Variabel demografi, diantaranya : umur, keluarga, siklus hidup, pendapatan,
pendidikan,dll
c.
Variabel psikologis, diantaranya : kelas sosial, gaya hidup, dan kepribadian.
d.
Variabel perilaku pembeli, diantaranya : manfaat yang dicari, status pemakai,
tingkat pemakaian, status kesetiaan dan sikap pada produk.
2.
Dasar - dasar segmentasi pada pasar industri
a.
Tahap 1 : menetapkan segmentasi makro, yaitu pasar pemakai akhir, lokasi
geografis, danbanyaknya langganan.
b.
Tahap 2 : yaitu sikap terhadap penjual, ciri - ciri kepribadian, kualitas
produk, dan pelanggan.
2. Syarat segmentasi Pasar
Ada beberapa syarat segmentasi yang
efektif yaitu :
a. Dapat diukur
b. Dapat dicapai
c. Cukup besar atau cukup
menguntungkan
d. Dapat dibedakan
e. Dapat dilaksanakan
3. Tingkat
Segmentasi Pasar
Karena pembelian mempunyai kebutuhan
dan keinginan yang unik. Setiap pembeli, berpotensi menjadi pasar yang
terpisah. Oleh karena itu segmentasi pasar dapat dibangun pada beberapatingkat
yang berbeda.
a. Pemasaran
massal
Pemasaran massal berfokus pada produksi massal, distribusi massal, dan promosi
massal untuk produk yang sama dalam cara yang hampir sama keseluruh
konsumen.
b. Pemasaran segmen
Pemasarn segmen menyadari bahwa pembeli berbeda dalam kebutuhan, persepsi, dan
perilaku pembelian.
c. Pemasaran ceruk
Pemasaran ceruk (marketing niche) berfokus pada sub group didalam
segmen-segmen. Suatuceruk adalah suatu group yang didefiniskan dengan lebih
sempit.
d. Pemasaran mikro
Praktek penyesuaian produk dan program pemasaran agar cocok dengan citarasa
individu ataulokasi tertentu. Termasuk dalam pemasaran mikro adalah pemasaran
lokal dan pemasaranindividu.
4. Manfaat Segmentasi Pasar
Sedangakan manfaat dari segmentasi
pasar adalah:
a.
Penjual atau produsen berada dalam posisi yang lebih baik untuk memilih
kesempatan-kesempatan pemasaran.
b.
Penjual atau produsen dapat menggunakan pengetahuannya terhadap respon pemasaran yang
berbeda-beda, sehingga dapat mengalokasikan anggarannya secara lebih tepat
padaberbagai segmen.
c.
Penjual atau produsen dapat mengatur produk lebih baik dan daya tarik
pemasarannya
D. Menentukan Pasar Sasaran
Langkah-langkah dalam menetukan pasar sasaran yaitu :
1.
Langkah pertama Menghitung dan menilai potensi keuntungan dari berbagai
segmen yang ada
2.
Langkah kedua Mencatat hasil penjualan tahun lalu dan memperkirakan untuk
tahun yang akan datang.
rangkuman penulis : bahwa manajemen pemasaran sangat penting dalam berlangsungnya kegiatan organisasi atau perusahaan dalam mendapatkan dukungan atau simpati dan apresiasi dari setiap golongan masyarakat
referaensi : http://ayuvianti.blogspot.com/2013/01/tugas-3-softskill-etika-bisnis-artikel.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar